FAKTA TENTANG SAFETY SHOES

Image result for FAKTA TENTANG SAFETY SHOES

1. BENTUK AWAL SAFETY SHOES :
sepatu safety murah - Safety Shoes diindikasikan telah di buat dan dipakai mulai sejak awal era 17. Yaitu Belanda yang disebut negara pertama yang buat Safety Shoes. Sepatu itu berupa boot yang terbuat dari kayu, dan di kenal dengan nama Sabots. Sepatu itu dipakai membuat perlindungan kaki beberapa pekerja dari benda keras dan tajam yang bisa melukai kaki.

Saat itu, Sabots belum juga di produksi dengan massal memakai mesin, dan masih tetap hanya produksi kerajinan tangan.

Di masa Revolusi Industri (1760 – 1840), beberapa pekerja biasanya melemparkan sepatu Sabots mereka ke roda mesin, mengakibatkan mesin macet atau rusak, dan produksi pun berhenti. Aksi melempar Sabots ke mesin ini menimbulkan arti “Sabotage”/“Sabotase” yang di kenal hari ini.

2. PRODUKSI MASSAL PERTAMA SAFETY SHOES :
Walau telah di kenal cukup lama, Safety Shoes (Sepatu Pengaman) baru di produksi massal pertama kalinya pada th. 1930. Red Wing Shoes Company (Amerika Serikat) yaitu perusahaan pertama yang menghasilkan Safety Shoes dengan massal pada th. 1930. Sepatu itu di buat membuat perlindungan kaki – terlebih jari kaki – beberapa pekerja di bidang industri, dimana saat itu kecelakaan kerja paling besar terjadi pada jari kaki pekerja yang terhimpit benda berat (besi, baja, beton, dan sebagainya). Tersebut kenapa Safety Shoes di buat dengan memakai plat besi-baja yang membuat perlindungan jari kaki, dan dimaksud Steel-Toe Boot.

Satu tahun lalu, Perusahaan Sepatu Marschtiefels, asal Jerman menghasilkan sepatu berbaris dengan pelindung besi di depannya. Sepatu itu dipakai oleh Hitler dan pasukannya di Perang Dunia II (1939 – 1945) hingga di kenal dengan sebutan Hitler Boots.

3. STANDARISASI KEAMANAN SAFETY SHOES :
Penetapan Standard Keamanan Safety Shoes baru diberlakukan pada th. 1970, dimana Kongres Amerika Serikat keluarkan Ketentuan Keamanan dan Kesehatan Kerja (Occupation Safety & Health Act) yang membuat perlindungan beberapa pekerja di negara itu. Didalam Ketentuan itu, diputuskan standard pengaman pada sepatu kerja membuat perlindungan kaki pekerja dari kecelakaan kerja. Berdasar pada ketetapan itu, maka bermunculanlah banyak standard keamanan yang diterapkan pada Safety Shoes manfaat meyakinkan keamanan kaki pemakai sepatu itu.

Salah satu Standarisasi Keamanan Safety Shoes yang umum dipakai yaitu EN ISO 20345 : 2011.

4. PERKEMBANGAN PELINDUNG JARI PADA SAFETY SHOES :
Dimuka kehadirannya, Safety Shoes memakai pelindung jari yang terbuat berbahan besi-baja. Walau sangat kuat, namun bahan ini sangat tidak nyaman dan berat, hingga mengganggu gerak beberapa pemakai.

Diluar itu, pelindung dari besi-baja nyatanya sangat beresiko terlebih bila dipakai pemakai saat menaiki pesawat terbang, atau tengah bekerja dalam keadaan ekstrim (misalnya di lokasi kerja yang tengah alami hujan petir).

Bersamaan dengan perubahan jaman, pelindung jari pada Safety Shoes selalu alami evolusi, dari mulai pemakaian baja ringan, titanium, zinc, sampai pada akhirnya aluminium.

5. PERKEMBANGAN MODEL SAFETY SHOES :
Dimuka kehadirannya, Safety Shoes di buat dengan jenis boot (High-Cut) yang membuat perlindungan kaki dan tulang kering. Namun terakhir, dengan pertimbangan kenyamanan, memiliki bentuk di buat jadi Mid-Cut dan Low-Cut.

Dan bersamaan dengan perubahan fashion, Safety Shoes saat ini tampil dengan jenis yang lebih modis dan fashionable. Pemakai sepatu tak akan harus bertukar-ganti sepatu, tapi tetaplah dapat memakai Safety Shoes ditempat kerja, ataupun berjalan-jalan atau beraktivitas olah raga (jogging, gym, cycling, bahkan juga hiking dan mountaineering).

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar