Cara Menggunakan Gerinda Tangan dengan Aman dan Selamat

Related image

sepatu safety murah - Gerinda tangan atau umum dimaksud angle grinder yaitu satu power tools yang paling banyak dipakai di project migas, galangan kapal, konstruksi, pabrik metal, dan termasuk juga di bengkel-bengkel. Gerinda tangan adalah satu diantara penyumbang paling besar dari kecelakaan-kecelakaan kerja yang seringkali berlangsung pada pekerja lapangan di sebagian project migas.
Karenanya di tiap-tiap project, tim HSE (Human Safety Environement) harus pro aktif memberi awareness dan edukasi pada pekerja-pekerja yang ikut serta mengenai langkah memakai gerinda tangan dengan aman dan selamat. Umumnya dari pekerja lapangan memakai gerinda tangan berdasar pada pengalaman pribadi dan bukanlah berdasar pada prosedur atau standard keselamatan yang berlaku.

Apa sajakah bahaya yang bisa berlangsung saat menjalankan gerinda tangan? Tersebut disini potensi bahayanya, yakni :

1. Bahaya terpotong : saat kamu memakai gerinda, mungkin berlangsung bahaya terpotong pada sisi badan kamu, seperti jari atau tangan kamu.
2. Bahaya percikan api : bahaya percikan api yang muncul mesti diproteksi dengan fire blanket supaya tidak menebar kemana saja dan menyebabkan kebakaran.
3. Bahaya Debu : umumnya debu-debu beterbangan di dekat pekerja dan karenanya butuh memakai masker dan safety glassess.
4. Bahaya listrik : yakinkan kabel power dalam keadaan aman, tak ada isolasi yang terluka.
5. Bahaya benda melenting/terlontar : Mungkin benda yang tengah digerinda melenting/terlontar, maka pekerja butuh menggunakan perlindungan muka yang sesuai sama standard.
6. Disk pecah : saat menggerinda tidak bisa menghimpit sangat kuat karena disk dapat pecah dan terlempar sampai melukai pekerja.

Saat memakai gerinda tangan janganlah lupa memakai APD harus seperti berikut :

  • Ear Plug 
  • Safety Glasses 
  • Face Shield 
  • Leather Glove 
  • Helmets 
  • Boots 
  • Dust Mask 

Dalam praktik memakai gerinda tangan yang aman dan selamat, Kamu mesti memerhatikan beberapa hal tersebut supaya terlepas dari kecelakaan, yakni :

* Cabut kabel saat akan ganti mata gerinda
* Untuk ganti mata gerinda mesti memakai kunci standard yang telah disediakan
* Perhatikan RPM mata gerinda mesti semakin besar dari RPM gerinda itu sendiri
* Mata gerinda untuk memotong (cutting) tidak bisa dipakai untuk grinding (amplas)
* Cocokkan penekanan dengan type mata gerinda, janganlah sangat kuat saat menekan
* Kapan gerinda mesti ditukar?
* Tujukan percikan menghadap ke bawah
* Singkirkan material yang gampang terbakar pada aktivitas gerinda
* Info supaya beberapa orang di sekitaran tidak mendekat

Sekianlah tips langkah memakai gerinda dengan aman dan selamat. Bagaimanapun juga seahli apa pun kamu di lapangan, kamu tetaplah harus ikuti prosedur keselamatan. Keluarga kamu menanti kamu pulang dengan tidak kurang satu apa pun.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar