Tips Memenangkan Persaingan di Search Engine Google


jasa pembuatan website jakarta - Didunia digital, kiat pemasaran melalui mesin pencari (search engine) masih tetap jadi salah satu kunci utama dalam penjualan. Tetapi beberapa hal yang beralih terlebih dalam tehnik SEO (Search Engine Optimization).

Untuk yang belum juga familiar, SEO yaitu tehnik optimalkan untuk menjangkau tempat ranking yang paling baik di mesin pencari terutama Google, ketika orang melakukan pencarian keyword yang sesuai sama product/bisnis kita. Umpamanya kita memiliki bisnis jual beli mobil. Pikirkan begitu asiknya bila situs kita berada di halaman 1 saat orang mencari keyword “mobil sisa di Semarang” atau “jual mobil di Semarang”. Tingkat konversi penjualan dari mesin pencari biasanya cukup tinggi, karena mereka yang mencari biasanya ada niatan beli.

Tapi perlu dipahami Google dengan teratur mengupdate algoritma pencariannya. Mereka selalu memerangi segala teknik SEO yang tidak cocok dengan guideline mereka, biasanya dimaksud dengan black hat SEO. Karenanya kiat SEO harus selalu diupdate untuk sesuaikan dengan up-date yang ada. Pastikan kita memakai tehnik yang benar (white hat) agar terlepas dari hukuman/penalti Google ketika ada up-date algoritma yang baru. Berikut beberapa kiat SEO simpel untuk hadapi th. 2015 :

1. Penentuan keyword yang tepat. Baiknya kita mencari keyword yang relevan dengan bisnis kita, memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tetapi jumlah pertandingan yang rendah. Sia-sia menguber keyword popular (hot kata kunci (keyword)) tapi kita tidak mampu untuk menembus halaman 1 di Google. Lebih baik pakai keyword panjang (long tail kata kunci (keyword)) sekitar 4-5 kata. Untuk bisnis lokal pakai kota/tempat jadi bagian dari keyword. Untuk melakukan penelitian penentuan keyword dapat memakai Kata kunci (keyword) Planner, sebuah tool gratis yang disiapkan Google (http :// herosoftmedia. com/keywordplanner)

2. Setelah memperoleh daftar keyword yang tepat, isi situs kamu dengan beberapa artikel/content yang memiliki kandungan keyword itu. Janganlah pakai terlalu berlebih. Cukup 1-2x saja mengulang keyword itu didalam artikel. Panjang artikel baiknya minimum 200-300 kata.

3. Buat penampilan visual yang menarik di situs kamu. Penampilan situs yg tidak menarik atau akses situs yang terlalu lama buat angka pentalan (bounce rate) dan angka yang lain jadi jelek. Metrik-metrik angka ini jadi salah satu penilaian Google juga dalam pemilihan tempat/ranking.

4. Gunakan social media dengan sebaik-baiknya. Dalam 1 th. akhir-akhir ini signal dari social media juga jadi penilaian Google dalam pemilihan ranking. Asumsinya artikel/situs yang menarik harusnya juga akan banyak dibicarakan di social media popular, seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dsb. Promosikan artikel/situs kamu di social media, dan upayakan agar beberapa orang yang turut memberi komentar, sukai, atau reshare.

5. Jauhi beli link atau bertukar link! Kiat membuat link sebanyak mungkin yaitu kiat SEO lama yang telah tak akan berguna. Malah up-date algoritma Google juga akan buat situs kamu terserang penalty dengan terdapatnya link-link berkwalitas rendah/spammy.

6. Optimalkan penampilan mobile friendly di situs kamu. Google semakin menghormati situs yang memiliki penampilan responsive yang mensupport akses dari smartphone dan tablet. Bila situs kamu belum juga responsive dan mendukung akses mobile, tempat situs kamu di pastikan akan tidak maksimum di hasil pencarian Google terutama dari mobile (smartphone/tablet). Walau sebenarnya makin hari jumlah pencarian melalui mobile semakin bertambah dan diperkirakan di th. 2015 jumlah pencarian melalui mobile juga akan lebih dari pencarian melalui PC.

Dengan banyak hal simpel barusan, diinginkan kamu dapat menjangkau tempat yang cukup bagus untuk pencarian keyword dengan tingkat persaingan perebutan yang rendah. Janganlah tergesa-gesa menginginkan hasil. SEO memerlukan sistem. Biasanya sekurang-kurangnya perlu beberapa minggu untuk menjangkau halaman 1 dengan persaingan perebutan keyword rendah. Tips penambahan juga, cobalah pakai Google AdWords sambil menanti hasil dari SEO. Iklan AdWords memang tidak memengaruhi hasil SEO, tapi beberapa studi juga tunjukkan iklan AdWords dan SEO yang tampil berbarengan memberi perform click pengunjung yang lebih baik.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar