Menulis Konten Digital: Pahami Strategi "Search Engine Optimization" (SEO)

Menulis Konten Digital: Pahami Strategi "Search Engine Optimization" (SEO)

jasa pembuatan website jakarta - Halaman situs sepi pembaca? Tekuni cara menulis sesuai kiat Search Engine Optimization (SEO)

Jadi pemula dalam penulisan digital, ada demikian beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika mengunggah atau menerbitkan tulisan kita dalam sebuah situs. Juga akan ada kepuasaan sendiri ketika tulisan kita di baca dan di nikmati oleh pembaca. Sebaliknya, pasti juga akan terasa sia-sia jika kita sudah buat sebuah tulisan yang bagus, tetapi hanya sedikit orang yang membaca. Oleh karenanya, kesempatan ini saya juga akan mengulas tentang Search Engine Optimization (SEO) yang perlu kita kenali agar tingkatkan jumlah pembaca tulisan kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Sebelumnya mengulas kiat SEO, kita perlu ketahui terlebih dulu apakah itu SEO. SEO yaitu suatu usaha untuk memodifikasi/mengcreate situs agar tingkatkan visibilitas halaman situs kita di mesin pencari. Tujuannya yaitu, halaman situs tidak cuma keluar di mesin pencari, tetapi dapat berada di halaman utama maupun posisi pertama ketika pembaca menuliskan sebuah kata kunci (keyword) di mesin pencari.

Bila ingin artikel tidak sepi pembaca, simak beberapa kiat SEO berikut ini :

1. Mengerti Ciri-khas Pembaca

Ketika ingin menulis suatu artikel dengan tema tertentu, kita harus mengerti kurang lebih kelak siapa yang juga akan membaca artikel itu. Misalnya kita memilih tema memasak, kita dapat mengira-ngira kalau kelak pembacanya yaitu orang berumur 20 th. ke atas. Ketika kita mengerti hal itu, lalu kita dapat menyusaikan isi artikel, seperti cara menulis (style menulis).

Karena memasak yaitu hal yg tidak mudah, maka sebisa-bisanya kita jadi penulis mengemukakan tema itu dengan bhs yang lebih mudah dipahami agar dapat mudah di terima dan dipelajari. Hingga, pembaca memperoleh keuntungan lebih dari artikel itu, bukan sekedar berguna tetapi juga buat pembaca tidak merasa jemu karena artikel itu nyaman di baca.

2. Content Berkualitas

Seseorang pembaca pasti juga akan mencari artikel yang menarik dan berguna. Oleh karenanya, penulis harus dapat menimbulkan hal itu. Ketika penulis mengerti pembaca seperti yang diterangkan sebelumnya, penulis juga akan dapat buat artikel dengan info yang komplit karena dapat lihat keperluan info pembaca.

Penulis dapat juga berikan memberi sub-judul. Diluar itu, penulis dapat buat artikelnya lebih berkualitas dengan menuliskan beberapa hal yang penting (informatif) dan tidak bertele-tele. Dengan berkelanjutan penulis harus juga memperbarui website situs dengan content baru.

3. Kata kunci (keyword) (Kata Kunci)

Kata kunci (keyword) juga jadi hal yang penting dalam SEO. Frekwensi kata kunci (keyword) harus cocok, jangan pernah berlebihan. Penulis dapat ketahui kata kunci (keyword) dari artikelnya dengan lihat kalimat apa yang sering keluar didalam artikel. Dengan kata beda, kata kunci (keyword) dapat menerangkan isi artikel. Kata kunci (keyword) itu dapat jadi fondasi atau inspirasi awal dari judul artikel yang menarik.

4. Buat Judul Artikel yang Menarik dari Kata kunci (keyword) yang ada

Perlu untuk diketahui kalau, ketika melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, pembaca relatif mengambil keputusan untuk membaca artikel dari judul yang dipandang menarik. Penulis harus hindari penentuan judul yang bebrapa umum saja atau bahkan juga tak ada bedanya dengan judul dari penulis beda yang artikelnya sudah lebih dahulu terbit.

Penulis dianjurkan untuk buat judul menarik sesuai sama isi artikel, tapi tidak berlebihan, hingga buat calon pembaca tidak cuma melirik artikel kita tetapi juga mengklik dan membacanya.

Langkahnya, penulis memakai kata kunci (keyword) yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kata kunci (keyword) itu lalu diperkembang jadi sebuah judul, dengan penulis memikirkan ketika seseorang calon pembaca melakukan pencarian hubungannya dengan tema itu, mereka juga akan menuliskan apa di mesin pencari.

5. Meta Deskripsi

Sebelumnya penulis menerbitkan artikelnya, meta gambaran perlu dipraktekkan. Meta gambaran adalah ikhtisar atau gambaran singkat dari keseluruhnya artikel. Meta gambaran ini juga akan menolong calon pembaca untuk ketahui berkaitan isi dari artikel yang juga akan mereka baca. Hingga, penting untuk penulis untuk buat gambaran singkat yang menarik, dengan tulisan sekitar 150-160 ciri-khas.

6. Berikan Link Berkaitan

Link adalah hal yang cukup penting, karena dalam hal semacam ini mesin pencari dapat ketahui apakah content penulis dibuka atau tersambung ke halaman situs yang lain. Penulis dapat memasukkan link berkaitan pada tulisannya, baik itu yaitu link artikelnya yang beda atau link artikel penulis beda.

Hal semacam ini juga akan berikan keuntungan untuk penulis karena makin banyak link yang datang pada situs penulis maka juga akan tingkatkan posisi SEO. Tujuannya, ketika beberapa orang (penulis beda) yang menyertakan linktulisan kita (linking) pada tulisannya, maka juga akan makin tingkatkan posisi SEO.

Sebaliknya, ketika penulis menghubungkan (linking) ke halaman situs beda, berarti ia menghormati tulisan orang yang lain dan buat artikelnya jadi lebih informatif.

Nah, itu lah beberapa kiat SEO yang bisa saya terangkan pada artikel ini. Banyak kiat SEO yang lain yang bisa kita tekuni. Mudah-mudahan artikel ini dapat dipahami dengan baik dan dipraktekkan dalam penulisan digital. Selamat coba!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar